Minggu, 08 Januari 2012

Rangkuman Desain Pemodelan Grafis


Beberapa postingan blog yang udah di post dan membicarakan tatang bentuk desain, model dan grafis. Dari semua yang telah tulis untuk memenuhi tugas softskill desain  pemodelan grafis yang berjalan selama satu semester yang banyak membahas mengenai aplikasi desain grafis yang berkembang belakangan ini, yang pertama dibahasa adalah tentang apa sih desain pemodelan grafis itu [klik disini]??? Mungkin kalo dipikir lebih jauh ini bisa bermakna yang hampir sama, dari dasar kata bermakna bentuk seni dalam bentuk gambar. Kita harus tau apa sih batasan dari ketiga makna kata desain, model dan grafis.  Mungkin pertama yang terbesit kepala sih mungkin ketiga kata ini berarti desain yang dibuat dalam bentuk model grafis, ya ini menurut pemikiran saya loh...!!! namanya juga opini manusia berbeda pandangan (moga arti yang ditafsirkan ga melenceng, hehhehehe...!!!!). kalo ditelaah lebih jauh dari setiap tugas yang udah dikerjakan ada bentuk grafis yang ciri khas dari setiap orang. Ekspresi merka dipengaruhi oleh dimana mereka di tampatkan. Cara berfikir mereka akan membuata suatu desain yang bisa di cirikan dari bentuk grafis yang dihasilkan.
Sekarang membahas akan grafis itu dipengaruhi budaya apa nggak sih?? Dari bacaan diatas baru awalan untuk membuka tentang desain dan budaya. Jika dilihat ciri khas dari setiap daerah memiliki ciri masing-masing tetapi daerah itu mencerminkan bentuk dasar yang sama. Contoh aja nih bentuk baju batik tulis yang dari daerah jawa dengan kain batik ulos. Mereka membentuk desain yang sama dengan membentuk grafis melalui batik tulisnya untuk daerah jawa dan untuk kombinasi warna benang untuk kain ulos, karena perbedaan cara ekpresi dari kain ulos yang memberikan garis penegas lurus untuk membagi antara bagian atas dan bawah, pada baguan tengah kain ulos membentuk kombinasi benang yang ekpresi daerahnya yaitu bentuk benang yang mengkilat. Berbeda dengan grafis dari lukisan malam untuk batik jawa yang lebih gelap. Tapi hasil grafis kedua daerah ini beragam bentuk tetapi tetap satu nama yaitu “Batik” yang membedakkan ekpresi dari setiap daerah yang bergagam ini dipengaruhi oleh leluhur mereka terdahulu yang akhirnya mempengaruhi cara pandang pemikirannya. Ini baru contoh dari uniknya bentuk seni indonesia berbeda jika kita membicarakan keanekaragaman dunia lain. Bentuk ekpresi lukisan pun berbeda dari setiap manusia. Semua itu sangat dipengaruhi oleh lingkungan dimana manusia itu tinggal yang dimana lingkungan itu memiliki adat istiadat yang sudah ada. Ini adalah bentuk desain grafis yang dipengaruhi budaya tradisional, penjabaran akan manfaat desain bagi budaya [klik disni].
Jika dilihat bentuk desain pemodelan grafis yang ada pada bidang komputer yaitu dalam membentuk desain shortcut yang dalam aplikasi, mereka membuat bentuk gamabar yang sudah didesain menggunakan pemikiran psikologi manusia, apa manusia mampu menangkap gambar shorcut itu dapat ditangkap maksudnya dengan benar dan mudah dimengeri pula. Dalam membentuk suatu aplikasi harus dibuat se-friendly mungki agar pemakai yang kita anggap belum bisa sama sekali dapat mudah menggunakannnya tanpa harus sulit memahaminya. Kemampuan psikologis manusia sangat berpengaruh dalam membentuk ekpresi apa yang bisa mewakili satu operasional yang dilakukan oleh suatu aplikasi. Contoh mudah saja, kita pasti mengenal arti “CUT”..??? cut itu adalah melakukan penyuntingan suatu objek (gambar, tulisan, dll) yang sudah diseleksi dan dipindahkan secara keseluruhannya ke bagian lain, untuk menggambarkan secara lebih mudah ditangkap oleh mata manusia dan dapat diartikan secara bermakna maka digambarkan ddengan bentuk “gunting”, salah satu penjelasan tentang penjelasan akan pembuatan shortcut [ klik disini].
Selanjutnya pula kita akan membahas akan program atau aplikassi desain yang dipelajari selama tugas berjalan yaitu penggunaan aplikasi blender dan eToys. Untuk blender sendiri sudah lama berkembang beberapa tahun belakangan ini, dimana program ini adalah aplikasi open suorce dalam bidang aplikasi desain grafis 2D dan 3D, aplikasi ini adalah versi tidak berbayar dari versi kompetirornya yaitu 3D’s max yang merupakan aplikasi berbayar. Untuk tutorialnya sudah sangat banyak, bisa didapatkan dari forum blender maupun youtube untuk melihat salah satu contoh dari tutorial pembuatan objek menggunkan blender [klik disini]. Kemajuan aplikasi desain grafis untuk versi open source sangat berkembang, dimana tujuannya dari aplikasi ini adalah edukatif hingga bisa dijadikan sebagai alah komersial atas ide manusia dalam membentuk grafis. Pada tulisan saya membuat suatu desain kursi dengan menggunakan blender. Untuk orang awam aplikasi ini agak rumit, penggunaan tombol keyboard sangat banyak dan harus dipelajari satu persatu. Jika kita sudah mengenal dari setiap tombol dan menu-menu pada blender akan dapat menghasilkan suatu desain yang sangat imajinatif. Hasil karya film 3Dimensi yang sudah berkembang dengan menggunakan blender sudah banyak dan dari negara indonesia pun sudah ada. Untuk program eToys ini adalah aplikasi yang disasarkan kepada anak setingkat SD di USA (Amerika Serikat) yang dihapakan anak-anak bisa meluapkan imajinasi mereka dalam bentuk gambar dan gambar tersebut diberikan animasi-animasi yang sangat lucu, seharusnya aplikatif dari aplikasi ini bisa disosialisasikan kepada anak-anak SD di indonesia pula. Kemampuan anak dalam berimajinatif bisa berkembang secara aktif, untuk melihat contoh penggunaan eToys[klik disini].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar